Butuh bantuan?

Publikasi

Telah Terbit Panduan Laporan Hasil Belajar di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini

12 Desember 2022
Bagikan
Pembelajaran dan asesmen merupakan rangkaian proses yang terpadu. Pembelajaran meliputi aktivitas merumuskan capaian pembelajaran menjadi tujuan pembelajaran dan cara mencapai tujuan pembelajaran tersebut. Sementara, asesmen digunakan untuk mengetahui kebutuhan dan menguatkan pemaknaan belajar, serta memberikan umpan balik kepada peserta didik sehingga kualitas pembelajaran yang dialami peserta didik terus meningkat dan membantu memberikan pengalaman belajar yang positif. 

Berkaitan dengan hal tersebut, perlu dipertimbangkan pemberian respon dan asesmen yang sesuai dengan tahapan perkembangan peserta didik, termasuk di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Selain itu, pendidik diharapkan memilih kegiatan asesmen yang berorientasi pada kebutuhan belajar peserta didik dengan membandingkan perkembangan dirinya dari masa sebelum diberikan pembelajaran dengan masa setelah diberikan pembelajaran, dan bukan melakukan perbandingan antarpeserta didik.

Pusat Kurikulum dan Pembelajaran telah menerbitkan Panduan Laporan Hasil Belajar di Satuan PAUD, yang merupakan dokumen yang berisi prinsip, strategi, dan contoh-contoh yang bertujuan memandu pendidik dan satuan pendidikan dalam menyusun laporan hasil belajar. Panduan ini disusun sebagai referensi pendidik dalam melakukan perencanaan pembelajaran dan asesmen serta menyusun laporan hasil belajar di Satuan PAUD.

Panduan Laporan Hasil Belajar di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini dapat diunduh melalui laman ini, pada menu Rujukan, di kategori Panduan-panduan Kurikulum Merdeka. 


Bagikan