Butuh bantuan?

Kurikulum 2013 adalah Kurikulum Nasional Sejak Tahun 2013/2014

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum Nasional yang telah dikembangkan bertahun-tahun dan telah memenuhi dua dimensi kurikulum, yaitu rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran.

Mempersiapkan Manusia Indonesia yang Unggul dan Berkualitas

Tujuan Kurikulum 2013 adalah mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.

Karakteristik Kurikulum 2013

Pengembangan Kompetensi Berimbang

Mengembangkan keseimbangan antara sikap spiritual dan sosial, pengetahuan, dan keterampilan, serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat.

Kontekstualisasi Sekolah

Menempatkan sekolah sebagai bagian dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar agar peserta didik mampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah ke masyarakat dan memanfaatkan masyarakat sebagai sumber belajar.

Fleksibilitas Waktu

Memberi waktu yang cukup leluasa untuk mengembangkan berbagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Kompetensi yang Rinci

Mengembangkan kompetensi yang dinyatakan dalam bentuk kompetensi inti kelas yang dirinci lebih lanjut dalam kompetensi dasar mata pelajaran.

Kompetensi Inti sebagai Unsur Pengorganisasi

Mengembangkan kompetensi inti kelas menjadi unsur pengorganisasi (organizing elements) kompetensi dasar. Semua kompetensi dasar dan proses pembelajaran dikembangkan untuk mencapai kompetensi yang dinyatakan dalam kompetensi inti.

Akumulatif, Saling Memperkuat dan Saling Memperkaya

Mengembangkan kompetensi dasar berdasar pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran dan jenjang pendidikan (organisasi horizontal dan vertikal).

Dibangun dengan Landasan Filosofis, Sosiologis, Psikopedagogis, Teoritis, dan Yuridis

Landasan Kurikulum 2013 dibangun agar pengembangan kurikulum dapat menjawab tantangan masa depan, persepsi masyarakat, perkembangan pengetahuan dan pedagogi, kompetensi masa depan, serta fenomena negatif yang mengemuka.

Empat Kompetensi Inti (KI) yang Dituju

1Kompetensi Inti Sikap Spiritual 2Kompetensi Inti Sikap Sosial 3Kompetensi Inti Pengetahuan 4Kompetensi Inti Keterampilan

Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum 2013

Panduan ini merupakan dokumen yang berisi prinsip, strategi, dan contoh-contoh yang ditujukan untuk memandu pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran, dan asesmen sesuai dengan regulasi terbaru.

Pelajari Lebih Lanjut Kurikulum Merdeka dan Lihat Satuan Pendidikan Pelaksana IKM