Pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial, Fondasi Pendidikan untuk Masa Depan
Pendidikan kita tengah bergerak ke arah transformasi digital. Untuk membekali murid menghadapi masa depan yang makin kompleks dan berbasis teknologi, Koding dan Kecerdasan Artifisial (KA) kini mulai dihadirkan sebagai bagian dari kurikulum nasional.
Strategi Pembelajaran Koding dan KA
Tanpa perangkat digital
Pembelajaran tanpa perangkat digital berbasis aktivitas melalui simulasi, permainan, dan aktivitas fisik lainnya.
Dengan perangkat digital
Memanfaatkan perangkat keras dan perangkat lunak tertentu, seperti komputer, tablet, ponsel pintar, atau perangkat lain.
Berbasis internet
Memanfaatkan konektivitas internet untuk mengakses materi, menggunakan perangkat lunak, dan berkomunikasi.
Tujuan Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial
Intrakurikuler sebagai mata pelajaran pilihan
Tidak mewajibkan seluruh satuan pendidikan untuk menyediakan mata pelajaran tersebut dan menjadikannya pilihan bagi murid yang memiliki minat untuk mempelajarinya.
Terintegrasi dengan mata pelajaran lain
Satuan pendidikan dapat mengintegrasikan materi pembelajaran atau kemampuan koding dan KA pada mata pelajaran lain.
Kokurikuler
Satuan pendidikan dapat mengembangkan kokurikuler berbasis teknologi atau rekayasa (engineering) dengan memanfaatkan teknologi koding dan KA.
Ekstrakurikuler
Satuan pendidikan dapat mengembangkan ekstrakurikuler berjenis latihan olah-bakat atau olah-minat yang berkaitan dengan koding dan KA seperti robotika dan koding.
Kompetensi Koding dan Kecerdasan Artifisial*
Pelajari lebih dalam Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial
Dokumen Naskah Akademik berisi ...
