Butuh bantuan?

Publikasi

Telah Terbit Panduan Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan di SMA/MA dan Bentuk Lain yang Sederajat

12 Desember 2022
Bagikan
Kurikulum Merdeka menyediakan ruang agar minat, bakat, dan kemampuan peserta didik dapat berkembang secara optimal, sekaligus menjadi dasar dalam memberikan layanan pembelajaran intrakurikuler, projek penguatan profil pelajar Pancasila, dan kegiatan ekstrakurikuler. Dengan adanya keleluasaan untuk memilih mata pelajaran sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya, peserta didik diharapkan dapat bertanggung jawab pada pilihannya.

Keleluasaan memilih di sini juga diharapkan akan membuat peserta didik untuk semakin terampil dalam mengoptimalkan potensi diri yang dimiliki dan dapat menyelesaikan setiap capaian pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran pilihan yang dipilihnya. Peserta didik yang memilih mata pelajaran pilihan sesuai dengan motivasi dirinya (minat, bakat, dan kemampuannya), tentu akan berbeda dengan peserta didik yang memilih karena alasan eksternal (hanya semata-mata karena ingin mengikuti teman, tuntutan orang tua, atau kesukaan/ketidaksukaan dengan guru mapel). Peserta didik yang betul-betul memilih mata pelajaran sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan akan lebih mantap dalam merencanakan karier karena mereka secara utuh mengenal dirinya melalui eksplorasi karier yang mendalam.

Berdasarkan hal tersebut, Pusat Kurikulum dan Pembelajaran telah menerbitkan Panduan Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan di SMA dan Bentuk Lain yang Sederajat. Panduan ini berisi tentang proses pemilihan mata pelajaran pilihan, mulai dari persiapan, sosialisasi, pendampingan, pemilihan, pengolahan data hasil pemilihan, hingga refleksi dan tindak lanjut. Panduan ini digunakan secara bersamaan dengan dokumen terkait lain yang mempunyai peran saling melengkapi, yaitu Panduan Layanan Bimbingan dan Konseling yang diperlukan untuk menggali minat, bakat, dan kemampuan.

Panduan Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan SMA/MA Sederajat dapat diunduh melalui laman ini, pada menu Rujukan, di kategori Panduan-panduan Kurikulum Merdeka. 


Bagikan