Butuh bantuan?
TELAH TERBIT

Peraturan Mendikbudristek No. 12 Tahun 2024 tentang

Kurikulum pada PAUD, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah

Kurikulum Merdeka, Tingkatkan Kualitas Pembelajaran

Pada Tahun Ajaran 2022/2023 dan 2023/2024, Kurikulum Merdeka menjadi salah satu opsi yang dapat dipilih oleh satuan pendidikan. Kurikulum Merdeka memberi keleluasaan dan memudahkan pendidik menerapkan pembelajaran yang lebih mendalam, sesuai dengan kebutuhan peserta didik, dan fokus pada penguatan karakter.

Prinsip Kurikulum Merdeka

1Fokus pada Muatan Esensial

Pembelajaran berpusat pada muatan yang paling diperlukan untuk mengembangkan kompetensi dan karakter murid agar pendidik memiliki waktu memadai untuk melakukan pembelajaran yang mendalam dan bermakna.

Hal ini sebagai upaya untuk menjawab berbagai tantangan zaman dan isu terkini, seperti perubahan iklim, literasi finansial, literasi digital, literasi kesehatan, dan pentingnya sastra dalam memperdalam kemampuan literasi murid.

2Pengembangan Karakter

Pengembangan kompetensi spiritual, moral, sosial, dan emosional murid, baik dengan pengalokasian waktu khusus maupun secara terintegrasi dengan proses pembelajaran, seperti Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

3Fleksibel

Pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengembangan kompetensi murid, karakteristik satuan pendidikan, dan konteks lingkungan sosial budaya setempat.

Sering Ditanyakan

Bagaimana cara mendaftar implementasi Kurikulum Merdeka untuk Tahun Ajaran 2024/2025?
Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka untuk tahun ajaran 2024/2025 dapat dilakukan mulai 27 Maret 2024 hingga 28 April 2024 melalui Platform Merdeka Mengajar versi aplikasi 1.25 ke atas, info selengkapnya dapat mengakses laman https://kurikulum.kemdikbud.go.id/portalikm. Pendaftaran dilakukan dengan menggunakan akun belajar.id kepala satuan pendidikan yang aktif.
Apa yang dimaksud dengan Capaian Pembelajaran (CP)?
Capaian Pembelajaran (CP) merupakan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dirangkaikan sebagai satu kesatuan proses yang berkelanjutan sehingga membangun kompetensi yang utuh dari suatu mata pelajaran. Capaian Pembelajaran di PAUD didesain untuk membangun kesenangan belajar dan kesiapan bersekolah anak.

Kenali Kurikulum Merdeka

Unduh dan pelajari dokumen-dokumen rujukan untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang Kurikulum Merdeka.

Pelajari Lebih Lanjut Kurikulum Merdeka dan Daftarkan Satuan Pendidikan Anda dalam IKM TA 2024/2025