Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Matematika Kelas 1

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

1. Sikap Spiritual

Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  • 1.1 3.1 Mengenal pemfungsian perangkat keras dan sistem operasi, serta aplikasi. 3.2 Mengenal data berupa angka dan hasil perhitungan rumus, dan cara menyimpan, serta mengaksesnya. 3.3.1 Memahami program visual dari demo dan tutorial. 3.3.2 Mengenal cara kerja dan objekobjek lingkungan pemrograman visual yang dipakai. 3.4 Memahami makna kolaborasi dalam masyarakat digital. 3.5 Computational Thinking untuk menyelesaikan persoalan komputasi yang mengandung struktur data lebih kompleks dan berpola. 3.6 (*)

2. Sikap Sosial

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru

3. Pengetahuan

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
  • 3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek

4. Keterampilan

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia